Suhu dan durasi sterilisasi sediaan farmasi

Jenis sterilisasi basah kering filtasi oven otoklaf gas sinar gamma

Konten [Tampil]

 

Proses sterilisasi dalam industri farmasi merupakan salah satu proses yang penting dalam rangkaian produksi, terutama pada sediaan yang berpotensi terkontaminasi atau merupakan sediaan parenteral. Sterilisasi dalam kefarmasian terdiri dari sterilisasi dingin dan sterilisasi panas.
Jenis sterilisasi, suhu dan durasi sterilisasi dapat dilihat pada daftar berikut.

1. Sterilisasi panas kering

Sterilisasi ini dilakukan menggunakan panas dengan mekanisme seperti oven. Suhu : 160 derajat (celcius) selama 2 jam, atau  170 derajat (celcius) selama 1 jam, atau 180 derajat (celcius) selama 30 menit.

2. Sterilisasi panas basah

Sterilisasi ini dilakukan menggunakan otoklaf. Suhu : 121 derajat (celcius) selama 15 menit atau 134 derajat (celcius) selama 3 menit.

3. Sterilisasi dingin dengan penghilangan kontaminasi

Sterilisasi ini dilakukan menggunakan konsep saringan/filtrasi. Dalam prosesnya dipergunakan membran dengan lebar filter <0,22 mikrometer.

4. Sterilisasi dingin dengan pembunuhan mikroba

Sterilisasi jenis ini terbagi atas :
  • Sterilisasi dengan gas Etilen Oksida dengan kadar 800-1200 mg/L, 46 - 63 derajat celcius, 30-70% selama 1-4 jam. Sterilisasi ini dilakukan terutama untuk peralatan dan ruangan.
  • Sterilisasi dengan sinar gamma Cobalt-60 25 kgy.
Note : Untuk sediaan dengan pembawa non-air / semisolid, sterilisasi dilakukan dengan tingkat prioritas : oven --> radiasi ---> filtasi ---> aseptis (pilih yang paling memungkinkan sesuai dengan karakteristik sediaan). Hindari penggunaan otoklaf dan gas Etilen oksida

Related Posts

Posting Komentar