Dosis Insulin terbagi 60%-40% atau 1/3 - 2/3 ? [penjelasan]

Perbedaan 60% 40% dan sepertiga diua pertiga Insulin

Konten [Tampil]

Apakah kalian bingung mendapatkan penjelasan mengenai penggunaan insulin dengan dosis berbeda 60-40% dan sepertiga (1/3) dan dua pertiga (2/3)?

1. Penggunaan dosis 60% - 40%

Pembagian dosis insulin dengan pola 60% - 40% diberikan pada pengguna insulin basal dan prandial. Insulin basal diberikan sebanyak 40% dari total dosis, biasanya pada malam hari, sedangkan insulin prandial  diberikan sebanyak 60% untuk setiap kali makan. Dengan asumsi makan sebanyak 3 x sehari, maka dosis insulin tersebut diberika sebanyak 20% setiap sebelum makan pagi, makan siang, dan makan malam.

Insulin basal menjaga kadar glukosa puasa, sedang insulin prandial mengontrol glukoas darah yang meningkat sehabis makan.

2. Penggunaan dosis sepertiga (1/3) dan dua pertiga (2/3)

Penggunaa dosis ini dilakukan pada jenis insulin intermediate, seperti Humulin N dan NPH. Pembagian dosis yang dilakukan adalah 2/3 pada pagi hari dan 1/3 pada malam hari. Pemberian insulin intermediate biasanya diberikan dokter untuk pasien yang memiliki masalah pada penggunaan terapi oral, namun hanya memiliki kenaikan glukosa darah yang tergolong minor.

Penjelasan lebih lanjut dapat kawan-kawan baca langsung dari sumber resmi dari PERKENI (Persatuan Endokrinologi Indonesia), yang menerbitkan Pedoman dan Pengelolaan DM tipe 2 (rev.7) Tahun 2021 dan juga seri Petunjuk Praktis Penggunaan Insulin.

Related Posts

Posting Komentar