Daftar jenis soal paling sering keluar UKAI [part 1]

Kisi soal UKAI sering keluar tiap tahun

Konten [Tampil]

 

Bagi kalian yang lagi bingung jenis soal yang sering muncul pada saat UKAI, ini nih sedikit bocoran soal yang dari tahun ke tahun sering sekali muncul. Jawabannya cukup mudah dan pastikan kamu bisa menjawabnya ya?

1. Golongan antibiotik

Kayaknya soal ini paling tidak selalu ada minimal 1 soal dalam  UKAI tiap tahunnya. Variannya pertanyaan antara lain adalah : Generasi Sefalosporin, jenis penisilin, dan fungsi kombinasi penisilin-klavulanat.

2. MK obat epilepsi

Pilihan terapi penyakit ini cukup banyak dan sulit diingat, namun yang paling sering muncul adalah : Jenis obat yang bekerja pada kanal Natrium, dan mekanisme jenis obat yang mempengaruhi  GABA/Glutamat (i.e. Vigabatrin dan Topiramat).

3. Terapi prostat (BPH)

Hingga tulisan ini dibuat, soal tentang BPH muncul berturut-turut pada 3 gelombang. Variasinya berkisar antara : Golongan,contoh dan kondisi pemberian obat pada pasien BPH (i.e. rekomendasi untuk pasien dengan disfungsi ereksi).

4. Beta-blocker

Obat yang banyak sekali digunakan sebagai terapi supportive pada penyakit lain selain hipertensi ini biasanya dikaitkan dengan efek samping dan mekanisme kerja. Misalnya : keterkaitannya dengan asma atau glaukoma pada reseptor bagian apa, jenis selektif dan non-selektif, masa kehamilan, serta tujuan penambahan pada terapi penyakit lain (misal : hipertiroid).

5. Off-label dan support-agent yang umum

Mungkin sebaiknya juga dipersiapkan tentang obat yang umum digunakan pada kondisi tertentu sebagai off-label atau supportive-agent. Golongan tersebut misalnya : Metformin pada overweight,  lactulose pada ensefalopati hepatik, Manitol pada tekanan intracranial, dan takrolimus pada pasien post-operative.

6. Ruangan CPOB

Sepertinya sebagai point dari industri, jenis ruangan sesuai CPOB merupakan soal wajib yang dikeluarkan dalam UKAI. Jenis yang sering muncul antara lain : Jumlah pertukaran udara, kecepatan, tekanan negatif/positif, dan perbedaan pada pengelolaan ruang beta-laktam dan non beta-laktam (clean corridor etc.).

7. Vaksin

Pertanyaan tentang vaksin tentu saja berkisar pada penyimpanan dan BUD. Umumnya adalah pertanyaan tentang : Perbedaan penyimpanan suhu OPV dan vaksin lain, BUD tiap-tiap jenis vaksin (jam-minggu), serta parameter tipe VVM yang masih boleh dipergunakan.

8. ESO umum

Jenis soal ini pastinya mendominasi untuk kategori soal farmasi klinis. Yang sering muncul adalah jenis obat : Beta-blocker, Antiviral, dan Anti TB (OAT). Sedang untuk efek yang ditimbulkan adalah : Hipotensi ortostatik, kandidiasis oral, sindrom reye/gray/grave, dan hepatotoksik.

9. Pengadaan Obat

Terkait pengadaan obat, kamu harus familiar dengan golongan obat bebas/keras/bebas terbatas, narkotik, dan psikotropik. Surat pesanan (SP) pada Narkotik adalah per lembar per item dan ekslusif sebanyak 3 rangkap, pada Psikotropik dan OOT adalah perlembar dan ekslusif, sedang untuk obat lainnya dapat digabung menjadi satu.

10. Antidotum

Antidote adalah hal yang paling wajib dihapalkan karena mudah dan sangat sering keluat dalam tiap gelombang UKAI sehingga menjadi soal bonus. Kasus racun yang umum dimuat dalam soal adalah keracunan CN (sianida), keracunan makanan,  keracunan logam, keracunan narkotik, keracunan parasetamol dan keracunan insektisida/pestisida. Ingat-ingat juga mekanisme kerja secara umum yaa.

Semoga lancar dan lulus UKAI nya yaaa💪

Related Posts

Posting Komentar