Penyebab Reye's syndrome, Cushing syndrome, Gray baby syndrome, Steven johnson syndrome dan Extrapiramidal syndrome

Konten [Tampil]
Dalam dunia kefarmasian, efek samping obat merupakan salah satu efek yang menjadi perhatian dalam tindakan pelayanan kefarmasian. Ada beberapa efek samping yang sangat spesifik dan menjadi ciri khas untuk terapi tertentu. Tentunya seringkali kita tertukar definisi dan penyebab antara satu sama lain.
Cushing syndrome adalah reaksi efek samping dari penggunaan kortikosteroid. Reye syndrome adalah efek samping dari penggunaan aspirin pada anak dan remaja, gray baby syndrome adalah efek samping dari penggunaan kloramfenikol, steven johnson syndrome adalah efek samping dari antibiotik, sedangkan extrapiramidal syndrome adalah efek samping dari antipsikotik tipikal (haloperidol, CPZ), anti emetik (metoklorpramid) dan antidepresan trisiklik.
Reye's syndrome adalah kondisi serius yang dapat menyebabkan pembengkakan pada hati dan otak - sindrom ini terjadi pada anak-anak yang baru sembuh dari infeksi virus (misal: flu, cacar). Namun pada penelitian lebih lanjut diketahui terdapat keterkaitan antara sindrom ini dengan penggunaan aspirin pada anak-anak dan remaja, dengan gejala seperti nafas tersengal, diare, lesu, dan muntah-muntah.

Dalam ilmu kefarmasian, penting untuk mengingat spesifikasi dari jenis sindrom yang terkenal tersebut. Selain membantu dalam hal pendidikan akademik, juga memudahkan dalam proses identifikasi efek samping obat pada kasus tertentu, misalnya saat dalam proses pelayanan farmasi klinik di Rumah Sakit.


Related Posts

Posting Komentar